Home / Jenis Kapal / Kapal Selam / Armada Kapal Selam TNI AL tidak Kalah Canggih dibandingkan Negara Lain

Armada Kapal Selam TNI AL tidak Kalah Canggih dibandingkan Negara Lain

Daftar kapal selam Indonesia yang terbaru, dan yang sudah ada sebelumnya, bisa Anda check sekarang. Memang jika ditotal jumlahnya dapat dibilang masih kurang, walaupun begitu negara lain tetap bisa gentar jika melihat kapal selam TNI AL ini. Apalagi dengan yang terbaru, yang bekerjasama dengan Korea Selatan. Memang kekuatan armada tempur negara Indonesia semakin lama semakin kuat, apalagi pemerintah cukup concern pada kekuatan militer dalam negeri. Mari baca selengkapnya.

 

Daftar Armada Kapal Selam TNI AL

  1. KRI Nanggala (402)

KRI Nanggala ini merupakan type kapal selam yang sama dengan KRI Cakra. Tipenya tidak lain adalah 209/1300. Dan keduanya merupakan produksi negara Jerman. Tahun 1981, KRI Nanggala bertugas menjaga perairan negara Indonesia. Untuk spesifikasi teknis dari KRI Nanggala yakni dimensi 59,5 M x 6,3 M. Untuk berat KRI Nanggala adalah 1395 ton.

Mesin yang digunakan untuk sumber penggerak KRI Nanggala adalah mesin diesel elektrik. Dengan mesin tersebut, KRI Nanggala bisa melaju sampai dengan kecepatan max 21,5 knot. Untuk kapasitas prajurit dari KRI Nanggala adalah 34 prajurit, kapal selam ini juga dilengkapi dengan persenjataan canggih. Beberapa di antaranya adalah torpedo 12 inci sebanyak 14 buah, di dalam 8 tabung, dan juga misil balistik 17 inci sebanyak 12 buah. Biasanya KRI Nanggala sudah sering diikutsertakan pada latihan dan operasi khusus dalam melindungi daerah perairan negara Indonesia.

 

  1. Kapal Selam Changbogo

Ini merupakan yang terbaru. Dipesan dengan kerjasama dengan negara Korea Selatan. Termasuk ke dalam jenis U-209/1400. Jadi tidak berbeda jauh dengan type kapal selam KRI Nanggala. Di mana termasuk kapal selam dengan type 209/1300. Kapal selam canggih ini dapat memuat sebanyak 40 awak, membawa torpedo sebanyak 14 buah dan juga ranjau laut sebanyak 28 buah. Untuk teknologi persenjataan lain yang juga disematkan pada kapal selam Changbogo antara lain roket UGM-84 anti serangan udara, Harpoon.

Kecepatan Changbogo untuk melaju di dalam air hingga 21 knots. Kapal ini juga memiliki kemampuan menyelam hingga kedalaman 250 sampai dengan 300 meter. TACM atau Torpedo Acoustic Counter Measures, juga digunakan di dalam Changbogo.

 

  1. KRI Cakra (401)

Yang ketiga adalah KRI Cakra. Ini memang merupakan kapal selam lama yang dimiliki RI. KRI Cakra sudah mulai digunakan semenjak 1981. Namun masih cukup tangguh, dan kapal selam produksi negara Jerman ini masih tetap bertugas sampai sekarang. Berat dari KRI Cakra yakni 1395 ton. Biasanya KRI Cakra berlabuh di Lanal Dermaga Ujung, di Surabaya. Persenjataan yang digunakan pada KRI Cakra yakni torpedo 21 inci sebanyak 14 buah di dalam 8 tabung. Walaupun merupakan model lama, tetapi persenjataan di kapal selam KRI Cakra bisa dikendalikan dengan menggunakan remote.

Tipe dari kapal selam ini adalah 209/1300, yang termasuk kapal selam paling populer pada saat tahun awal kapal ini. Argentina pun juga pernah menggunakan kapal selam yang sama dengan kapal selam KRI Cakra ini, pada saat perang Malvinas melawan negara Inggris, yang berlokasi di Atlantik Selatan.

 

  1. Kapal Selam Kilo

Yang terakhir yang akan kami bahas adalah kapal selam kilo. Namun masih belum diketahui apakah kapal selam kilo jadi dipesan oleh RI atau tidak.

Sekian artikel tentang armada kapal selam TNI AL yang tidak kalah canggih dibandingkan negara lain, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *