Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Jenis Kapal Laut Tempur Indonesia untuk Perang, Kenali Sekarang!

Jenis Kapal Laut Tempur Indonesia untuk Perang, Kenali Sekarang!

Jenis kapal laut tempur RI untuk perang. Kami akan mengurutkan berdasarkan nama kapalnya. Dengan begitu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengenali sebenarnya negara Indonesia itu memiliki kapal perang apa saja. Beberapa di antaranya bahkan memiliki bentuk yang tidak biasa, terlihat sangat modern. Dan beberapa memang seperti kapal destroyer pada umumnya. Kami juga akan menyertakan beberapa foto dari kapal destroyer tanah air tersebut. Mari baca selengkapnya.

 

Daftar dan Jenis Kapal Laut Tempur negara Indonesia untuk Perang

1. KRI Klewang

Ini merupakan kapal destroyer jenis KCR (Kapal Cepat Rudal). KRI Klewang memang memiliki desain yang berbeda, di mana ada bagian tambahan pada sisi kiri dan kanan kapal, yang membuatnya nampak seperti pesawat terbang. Kapal perang KRI Klewang merupakan kapal perang asli buatan negara Indonesia. Bukan dipesan dari luar negeri.

Karena digunakan untuk berperang, tentu kapal jenis KCR ini sudah dilengkapi dengan persenjataan canggih. Senjata yang dipasang pada kapal ini antara lain misil antikapal C-705, di mana misil tersebut bahkan bisa menjelajah hingga sejauh 120 km. Selain misil tersebut, KRI Klewang juga dipersenjatai dengan meriam otomatis bertipe 730. Kelebihan yang akan Anda temukan dari KRI Klewang yakni kapal ini sulit dideteksi musuh.

Karena itu tak mengherankan jika kapal perang ini mendapat julukan kapal siluman, termasuk kapal canggih buatan tanah air. Tidak mudah untuk radar kapal lawan dalam mendeteksi keberadaan dari kapal perang KRI Klewang dengan panjang 63 meter yang satu ini.

 

2. KRI Spica (934)

KRI Spica merupakan kapal perang yang dimiliki oleh angkatan laut Indonesia. Kapal ini merupakan kapal bantu Hidro Oseanografi yang kedua, yang dimiliki TNI AL. Pembuatan kapal ini dari negara Perancis, tepatnya di OCEA, Les Sables-d’Olonne. Yang sebelumnya adalah KRI Rigel (933), yang sudah selesai dibuat.

Mengapa diberi nama Spica? Untuk nama Spica sendiri adalah nama bintang paling terang di rasi bintang Virgo. Dan itulah alasan mengapa nama Spica tersebut digunakan. Nomor lambung kapal ini adalah 934. KRI Spica 934 resmi diluncurkan pada 3 Agustus 2015 yang lalu. Dimensi dari kapal ini yakni panjang 60 M, untuk sumber tenaga menggunakan 2 mesin diesel 8V 4000 M53, yang digunakan untuk 2 propeller. Kecepatan dari kapal ini max 14 knots. Jarak jelajah dari kapal Spica hingga 4400 nautical mile dengan kecepatan 12 knots. Untuk gelombang laut yang dapat dihadapi oleh KRI Spica hingga level sea state six.

KRI Spica juga bisa berperan menjadi kapal patroli, untuk menjaga kedaulatan wilayah perairan negara Indonesia. Karena memang di kapal ini juga sudah dilengkapi beberapa persenjataan, yaitu:

  • Meriam PSU Rheinmetall dengan kaliber 20 mm di bagian haluan kapal
  • 2 pucuk SMB atau Senapan Mesin Berat M2HB dengan kaliber 12,7 mm pada geladak buritan kapal

 

3. KRI Rigel

Dengan nomor lambung 933. Sama seperti KRI Spica, kapal ini juga buatan negara Prancis. Jenis dan fungsinya juga sama, untuk kapal survei. Tugas pertama kapal ini yakni pada tahun 2015. Kapal ini akan sangat berguna ketika dilangsungkan operasi militer.

KRI Rigel memang memiliki kemampuan dalam mendeteksi objek tertentu pada kedalaman laut hingga 1000 M. Sekian artikel tentang jenis kapal laut tempur Indonesia untuk perang, mari kenali semuanya sekarang! Semoga artikel ini bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *