Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Jika Indonesia Perang, inilah Kapal Perang Indonesia yang Akan ikut Membela Negara

Jika Indonesia Perang, inilah Kapal Perang Indonesia yang Akan ikut Membela Negara

Memang sudah tentu yang diharapkan oleh semua orang adalah kedamaian. Namun jika ada yang mengganggu kedaulatan negara Indonesia, maka perang pun sudah tidak terelakkan. Karena itu semua harus bersiap-siap, khususnya pertahanan negara Indonesia. Di sini yakni TNI. Untuk menjaga wilayah perairan yakni TNI – AL, atau Angkatan Laut Indonesia. Tentunya kapal perang pun akan ikut dilibatkan. Di negara Indonesia sudah memiliki beberapa kapal perang. Sekarang akan kami bahas tentang itu. Mari baca selengkapnya.

 

Kapal Perang Tanah Air

TNI Angkatan Laut sudah memesan kapal perang dari perusahaan produksi kapal yang berpusat di Surabaya, yakni PT PAL, Persero. Nama kapal yang dipesan dari perusahaan ini menggunakan nama pahlawan. Kapal perang tersebut tidak lain adalah kapal perusak rudal. Untuk namanya, yakni Martadinata dan Ngurah Rai. Ini sekaligus untuk menunjukkan tanda penghormatan negara kepada sosok pahlawan.

Dalam menyelesaikan kapal perang ini, PT PAL tidak sendiri, melainkan bekerjasama dengan DSNS, Damen Schelde Naval Shipbuilding, sebuah perusahaan galangan kapal asal Belanda. Jadi teknologi yang digunakan di kapal type PKR, atau Kapal Perusak Rudal ini tidak main-main. Sudah dilengkapi juga dengan teknologi terbaru. Untuk kelas kapal ini adalah Fregate class 10514. Dan memang proses produksi sudah dimulai sejak lama. Dan untuk proses pembuatan tetap di negara Indonesia, di PT PAL, jadi tidak dibuat di Belanda.

 

Kapal Perang Indonesia dengan Stealth Technology

Jadi teknologi ini mirip dengan teknologi pesawat siluman Amerika. Di mana kapal perang tidak akan terdeteksi oleh radar dengan memanfaatkan teknologi terbaru ini. Jika diterjemahkan, disebut dengan “Kemampuan Siluman”. Memang untuk perang, kemampuan stealth dari kapal perang akan sangat penting. Dengan begitu, keberadaan dari kapal pun tidak akan diketahui oleh pihak musuh. Tentunya TNI AL pun akan melatih prajurit-prajuritnya untuk menguasai penggunaan kapal ini ke depannya, pada saat latihan.

Tak hanya itu, bahkan kapal PKR ini pun sudah dilengkapi pendorongan elektrik. Bagi Anda yang penasaran apa kelebihan dari menggunakan pendorongan elektrik ini, kelebihannya tidak lain adalah untuk penghematan bahan bakar kapal. Di mana kapal pun dapat dengan otomatis bergerak hanya memakai tenaga listrik saja.

 

Teknologi Sensor Udara Tercanggih

Teknologi lain yang juga disematkan dalam kapal perang terbaru TNI AL ini adalah sensor udara. Disebutkan jika sensor udara yang terbaru ini, bisa mendeteksi sasaran pada udara, dengan ketinggian melebihi 200 km. Untuk peralatan modern lainnya, selain sensor udara tercanggih, juga ada system komunikasi modern, dan masih banyak lagi fitur canggih yang lain, yang akan berguna untuk keperluan perang.

Untuk sistem komunikasi yang digunakan di kapal ini, akan memungkinkan kapal PKR ini untuk dapat berkomunikasi dengan lebih mudah ke kapal selam, kapal permukaan, maupun pesawat udara, dengan komunikasi suara, ataupun data, baik dengan pilihan crypto ataupun terbuka. Untuk yang crypto apabila ada informasi yang harus disembunyikan, tidak boleh ada pihak ketiga yang mendengarkan informasi tersebut. Itu baru dibahas kelebihan dari sisi teknologi komunikasi yang digunakan.

Teknologi persenjataan pada kedua kapal ini, juga tidak bisa dipandang remeh. Ke 2 kapal perang ini sudah dilengkapi persenjataan Millenium Gun 35 mm, meriam kaliber 76 mm, peluncur rudal anti kapal permukaan dan anti serangan udara, dan juga peluncur torpedo. Sekian artikel tentang jika Indonesia perang, inilah kapal perang Indonesia yang akan ikut membela negara. Semoga informasi ini bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *