Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Kapal Fregat Indonesia – Kapal Perang yang Patut Disegani

Kapal Fregat Indonesia – Kapal Perang yang Patut Disegani

Kapal Fregat Indonesia, sesungguhnya fregat ini adalah jenis kapal seperti apa? Pergata, itulah nama lain dari fregat. Jadi ini merupakan salah satu jenis dari kapal perang. Memang kapal perang tidak hanya terbatas pada kapal selam saja, melainkan juga ada kapal yang digunakan untuk berperang di atas permukaan laut, dan fregat merupakan salah satunya. Tetapi untuk Anda ketahui pula, bahwa terkait dengan istilah “Fregat”, itu merujuk ke beberapa ukuran dan peran kapal yang berbeda-beda dari waktu ke waktu. Di zaman kapal layar, fregat pun diciptakan untuk kapal yang memiliki fungsi mengawal armada dagang. Mari baca selengkapnya.

 

Kapal Fregat untuk Proteksi

Masih berlanjut dengan topik yang sebelumnya, bahwa peranan dari kapal fregat adalah untuk memproteksi kapal dagang. Karena memang pada zaman tersebut, orang Eropa tengah giat-giatnya dalam melakukan penjelajahan samudera, dengan tujuan pencarian daerah yang menghasilkan rempah-rempah. Di pelayaran itu pula, sering ditemui cukup banyak gangguan, yakni gangguan serangan perompak dan armada militer milik negara musuh.

Alasan tersebut yang menjadi dasar mengapa kapal jenis fregat pun akhirnya diciptakan. Jika suasana damai-damai saja, maka fregat pun tidak perlu dibuat. Tetapi fakta menunjukkan kondisi yang berbeda. Dengan dibuatnya kapal fregat, maka orang-orang pun akhirnya memiliki sebuah kapal yang memiliki kemampuan untuk melakukan pelayaran dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan kapal layar. Selain itu fregat juga merupakan jenis kapal yang dapat mempertahankan diri dari macam-macam serangan musuh. Untuk melindungi barang-barang yang dibawa di dalam kapal.

 

Fregat merupakan Kapal yang Dilengkapi dengan Senjata Mematikan

Supaya bisa mempertahankan kapal atau melindungi kapal, maka sudah pasti jika fregat itu dilengkapi dengan senjata. Untuk jaman dahulu, memang kapal fregat tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga bisa menggunakan meriam pada tiap sisinya, buritan, dan pada haluan juga. Fregat sendiri muncul saat berbagai negara maritim, contohnya Belanda, Spanyol, Portugal, dan Inggris membutuhkan kapal perang yang memiliki performa lebih baik. Kapal perang yang lebih gesit, ringan, dan juga lebih lincah, dibandingkan jenis kapal galleon, yang banyak digunakan pada zaman tersebut.

Fregat memang dibutuhkan untuk menggantikan galleon. Kapal ini akan digunakan untuk patroli, menjaga wilayah jajahan dan menjaga kehadirannya pada perairan, dan dengan total kapal lebih banyak. Jadi saat memasuki abad 17, fregat dan jenis kapal satunya, kapal frigate pun mulai digunakan. Sementara itu, memasuki abad 18 dan abad 19, kapal frigate dimodifikasi, lalu ditambahkan tempat komando, kemudian ditambahkan di kapal galleon juga.

 

Dimensi Fregat

Ukuran dari fregat saat itu lebih kecil apabila dibandingkan ukuran dari kapal galleon. Fregat sendiri menggunakan 3 tiang layar. Untuk yang lebih baru lagi, adalah varian ship of the line. Dan untuk yang jenis ini berbeda dibandingkan jenis fregat, di mana cenderung dipakai saat ada pertempuran laut dengan skala besar saja, contohnya pada waktu pertempuran Trafalgar, saat suatu kapal tempur utama yang dapat membawa sebanyak 100 meriam.

Sekarang ini, fregat sudah berkembang. Dan sudah menggunakan teknologi terbaru. Untuk persenjataan pun sudah tentu tak menggunakan meriam kuno lagi, melainkan sudah menggunakan rudal, torpedo, dan meriam serbaguna. Jadi kapal fregat yang sekarang juga bisa digunakan untuk mengatasi serangan udara. Sekian artikel tentang kapal Fregat Indonesia, kapal perang yang patut disegani, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *