Home / Jenis Kapal / Kapal Induk / Kapal Induk dan Kapal Perang Terbesar di Dunia

Kapal Induk dan Kapal Perang Terbesar di Dunia

Kapal induk juga kapal perang yang terbesar di dunia itu seperti apa. Dan dimiliki oleh negara mana. Untuk Anda yang masih belum mengerti, sesungguhnya kapal induk itu merupakan sebuah pangkalan udara mengapung di atas lautan, dan memang kapal induk ini sudah ada sejak jaman perang dunia ke II. Peranannya sangat penting. Dari 10 kapal induk paling besar yang ada di dunia sekarang ini, 3 di antaranya dioperasikan 3 angkatan laut Asia. Sementara untuk pemegang rekor pemilik kapal induk paling besar memang masih dipegang oleh negara Paman Sam. Mari baca selengkapnya.

 

List Kapal Induk paling besar di Dunia

 

1. Kelas Nimitz (United States)

Kapal induk yang satu ini mempunyai displacement penuh hingga 97.000 ton. Kapal ini memang merupakan kapal induk yang paling besar untuk sekarang ini. Adapun, kapal induk dengan kelas Nimitz ini pertama kalinya dioperasikan bulan Mei 1975. Sementara untuk kapal induk yang dari kelas Nimitz ke 10, yang terakhir, atau USS George HW Bush, CVN 77, itu baru dioperasikan semenjak Januari 2009. Adapun umur tiap kapal induk Amerika Serikat kelas Nimitz yakni kurang lebih 50 tahun, serta Cuma memerlukan 1x perbaikan saja pada pertengahan hidup kapal tersebut, antara 25 hingga 30 tahun. Kapal induk raksasa satu ini mempunyai dimensi panjang 332,8 M, luas dari dek penerbangannya yakni 4,5 hektar, dan bisa mengakomodasi hingga 60 pesawat jet lebih. Untuk jumlah kru yang dapat ditampung yakni 3000 sampai dengan 3200 kru, serta 1500 air wing, beserta 500 kru yang lain.

 

2. Admiral Kuznetsov (Federasi Rusia)

Sesuai namanya, memang kapal ini merupakan kapal induk yang dimiliki oleh Federasi Rusia. Admiral Kuznetsov ini merupakan kapal induk yang terbesar nomor dua di dunia, setelah kapal induk kelas Nimitz milik US. Adapun kapal induk Admiral Kuznetsov ini dibangun galangan kapal Nikolayev South. Kapal induk ini mempunyai displacement 58.500 ton sampai dengan 67.500 ton.

Kapal induk Admiral Kuznetsov milik Rusia ini didorong menggunakan sistem propulsi turbin uap, sehingga bisa memberikan kecepatan maksimum sampai dengan 32 knot. Untuk persenjataan yang digunakan beberapa di antaranya yakni rudal jelajah anti kapal type P – 700 Granit, CADS – N – 1 Kashtan CIWS, AK – 630 AA, serta peluncur roket type RBU – 12000 UDAV – 1 ASW. Luas dek penerbangan kapal induk Rusia ini yakni 14.700 M2, atau sekitar 3,6 hektar. Karena itu kapal induk Rusia ini bisa menampung jet tempur MiG-29K, Su-33, Su-25 UTG / UBP STOVL, dan helikopter Ka – 27LD32, Ka – 27, beserta KA – 27 PLO. Total kru yang dapat ditampung di kapal induk Admiral Kuznetsov yakni sebanyak 1960 kru, 40 staf bendera, dan 626 air wing.

 

3. Liaoning (Negara China)

Yang ketiga adalah kapal induk dari negara China. Memang Liaoning ini merupakan kapal induk yang wajib disegani juga. Dan termasuk yang terbesar ketiga di dunia. Di kapal induk ini bahkan sudah dilengkapi dengan banyak pesawat tempur, yang sudah dilengkapi rudal yang sudah siap untuk ditembakkan. Memang negara tersebut sengaja mempublikasikan beberapa foto kapal induk dengan pesawat tempur di atasnya, untuk menunjukkan pada dunia jika kapal induk Liaoning sudah siap beroperasi serta siap bertempur. Sekian artikel tentang kapal induk dan kapal perang terbesar di dunia, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *