Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Kapal Laut Perang Perusak Terbesar yang Ada di Dunia

Kapal Laut Perang Perusak Terbesar yang Ada di Dunia

Perang kapal laut bisa terjadi kapanpun. Mungkin antara 2 negara, atau bahkan lebih dari 2 negara. Memang diharapkan perang tidak terjadi, tetapi terkadang ada sesuatu hal yang hanya bisa diselesaikan dengan perang. Karena itu pasti ada yang namanya kapal perang, bahkan beberapa memiliki ukuran yang sangat besar. Apa sajakah nama dari kapal perang perusak yang berukuran besar yang pernah dibangun sebelumnya? Mari baca selengkapnya.

 

Kapal Destroyer

Di dalam terminologi AL atau angkatan laut, kapal destroyer atau kapal perusak merupakan jenis kapal perang yang dapat bergerak dengan cepat dan mampu bermanuver dengan lincah. Tujuan dari pembuatan kapal destroyer sendiri tidak lain adalah untuk pengawalan kapal-kapal yang berukuran lebih besar di dalam kelompok armada, konvoi, maupun untuk memberikan perlindungan pada kapal lain. Perlindungan dari macam-macam ancaman mesin perang yang berukuran lebih kecil, contohnya kapal selam, kapal torpedo, dan juga ancaman dari serangan pesawat terbang. Tetapi seiring jaman yang berkembang dan semakin modern, sekarang ini kapal destroyer tersebut digunakan untuk macam-macam misi. Dilengkapi dengan teknologi yang terbaru pula.

 

Kapal Perang Terbesar

 

  1. Type 052D

Ini merupakan kapal destroyer milik negara China. Di mana China memang merupakan salah satu negara yang memiliki kekuatan militer yang sangat kuat. Kapal perang type 052D ini adalah versi upgrade kelas kapal perang sebelumnya, yaitu kelas Luyang-II / Type 052C. 052D sendiri merupakan kapal perusak yang diproduksi atau dibangun oleh perusahaan galangan kapal bernama Jiangnan Changxing, untuk AL Tentara Pembebasan Rakyat, atau PLAN negara China. Kapal ini disebutkan sudah beroperasi sejak tahun 2014 – 2015.

Bobot dari kapal perang 052D China ini adalah 7500 ton. Dengan dimensi Panjang 155 M, lebar 18 M, serta dapat diisi oleh awak kapal sebanyak 280 personel. Untuk persenjataan yang digunakan pada type 052D adalah CIWS, Close-in Weapon System, senjata single-barrel 130 mm, sistem peluncur vertikal, VLS, tabung torpedo. Untuk VLS itu sama seperti kapal perang VLS MK 41 milik US.

 

  1. Kapal Laut Perang Kelas Sovremenny – Project 956 Rusia, Sarych

Ini merupakan kapal laut perang dengan bobot 7940 ton. Lebih berat dibandingkan yang sebelumnya, dan dilengkapi dengan teknologi yang canggih. Bahkan ini merupakan kapal perang yang terbesar yang dipunyai AL Federasi Rusia. Dibangun oleh galangan kapal Severnaya Verf, dahulu dibangun sebanyak 21 kapal destroyer dengan kelas ini, tetapi sekarang yang tersisa hanyalah 9 unit saja. 4 unit di bawah dari layanan AL tentara pembebasan rakyat China, dan 5 unit dimiliki AL Federasi Rusia. Kapal destroyer dari kelas Sovremenny ini sudah diintegrasikan dengan macam-macam senjata canggih, beberapa contohnya adalah rudal jelajah type P – 270 Moskit untuk anti kapal, 4 senjata 130 mm, rudal Shtil SAM, untuk menembak pesawat, 4 senapan gattling AK – 630, peluncur roket RBU – 1000, untuk anti kapal selam atau ASW, serta 2 tabung torpedo kembar 533 mm. Jadi memang kapal destroyer ini sudah benar-benar siap untuk digunakan berperang.

System propulsi turbin uap type GTZA – 647 juga melengkapi kapal destroyer yang satu ini. Selain itu dengan tambahan 4 boiler mampu memberikan kapal ini kecepatan hingga 32 knot, itu kecepatan maksimumnya. Sekian artikel tentang kapal laut perang perusak terbesar yang ada di dunia, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *