Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Kapal Perang KRI yang Terbaru dan Canggih

Kapal Perang KRI yang Terbaru dan Canggih

Kapal perang Indonesia – KRI, yang terbaru dan menggunakan teknologi canggih. Salah satu kapal tersebut adalah KRI Raden Eddy Martadinata. Ini merupakan jenis Fregat SIGMA 10514, PKR atau Perusak Kawal Rudal, kapal yang merupakan hasil kerjasama dari PT PAL bersama dengan Damen Shipyard Belanda, dan proses pengerjaan dilakukan di kota Surabaya, Jatim. Tidak sedikit negara terkejut atas hasil final dari proyek ini. Banyak negara yang kagum akan hasil kerja PT PAL yang ternyata bisa merakit jenis kapal perang Light Frigate Sigma. Berdasar pada 7 modul, kemudian PT PAL pun mengerjakan sebanyak 5 modul, dan Damen Shipyard Belanda hanya mengerjakan 2 modul. Mari baca selengkapnya.

 

KRI Raden Eddy Martadinata

Di kapal frigate nomor dua, Damen pun hanya mengerjakan 1 modul saja. Fregat ini mempunyai dimensi panjang 105,11 M, lebarnya 14,2 M, untuk bobot kapal yakni 2365 ton. Dan akomodasi kapal sudah sepenuhnya menggunakan AC, serta memiliki kemampuan untuk menampung sebanyak 122 orang. Juga terdapat heli dek pada bagian belakang, yang dapat digunakan untuk menampung 1 buah helikopter dengan ukuran sedang serta berat max 10 ton. Selain itu pada kapal ini juga sudah disediakan 2 perahu karet dengan type RHIBs, yang biasa digunakan untuk operasi patroli dan penyelamatan. Jadi memang kapal ini sudah multifungsi juga.

 

Kecepatan layar Kapal Fregat KRI

Untuk jenis KRI Fregat Raden Eddy Martadinata ini juga memiliki kecepatan berlayar yang tidak boleh dipandang remeh. Di mana kecepatan berlayarnya adalah 28 knot, bisa menempuh jarak sampai dengan 5000 nm dengan menggunakan kecepatan 14 knot. Untuk endurance bisa 20 hari di lautan. Untuk sistem propulsi kapal sendiri memanfaatkan kombinasi dari CODOE, atau diesel or electric, terdiri atas 2 mesin diesel 10,000 kW MCR propulsion type, beserta 2 motor elektrik 1,300 kW, 2 gearbox double input, beserta 2 baling-baling.

 

Desain yang Ramping

Kapal perang jaman sekarang desainnya tidak lagi kaku. Di mana kebanyakan dibuat menggunakan desain yang terlihat modern. Termasuk untuk kapal KRI yang satu ini. Di mana KRI Raden Eddy Martadinata dibuat dengan menggunakan konsep body yang ramping, futuristik, dan minimalis. Jadi ketika Anda melihat fotonya dari jarak jauh, atau melihat secara keseluruhan. Anda akan terpana, karena desainnya tidak kalah dibandingkan kapal perang yang ada di luar negeri. Untuk KRI RE Martadinata ini sudah dikeluarkan dari dalam dry dock, dan sudah mulai uji lautnya. Ini merupakan salah satu jenis Light Frigate milik TNI AL, di mana dirakit oleh PT PAL Surabaya. Memang tak salah juga apabila PT PAL memutuskan untuk memilih DSNS, Damen Schelde Naval Shipbuilding, Belanda, untuk dijadikan partner pembuatan kapal perang. Hasilnya sangat baik, dan ikut mengangkat nama PT PAL itu sendiri.

 

KRI Multatuli 561

Kapal yang satu ini juga merupakan KRI yang dapat dibilang unik, serta nilai sejarahnya tinggi. Riwayat dari kapal ini sulit ditelusuri dengan jelas. Jadi memang identitas yang terbatas pada kapal ini merupakan sesuatu yang unik, dan membuat banyak orang penasaran.

Memang pembahasan mengenai kapal perang ini tiada habisnya dan dari waktu ke waktu akan ada informasi yang baru. Sekian artikel tentang kapal perang KRI yang terbaru dan canggih, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *