Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Kapal Perang Rotterdam LPD, Kapal Perang Hasil Kerjasama dengan Negara Spanyol

Kapal Perang Rotterdam LPD, Kapal Perang Hasil Kerjasama dengan Negara Spanyol

Desain kapal perang Rotterdam cukup keren. Sebuah perusahaan konstruksi kapal Schelde Shipbuilding, Royal Schelde Company, yang bermarkas pusat di negara Netherlands, di Vlissingen, sudah berhasil membuat kapal kelas LPD untuk Rotterdam. LPD sendiri adalah singkatan dari Landing Platform Dock. Kapal destroyer ini dibangun khusus untuk AL Netherlands, yakni Royal Netherlands Navy. Perusahaan yang membangun kapal perang ini merupakan bagian dari perusahaan bernama Damen Shipyards Group. Pada tahun 1993, mendapatkan kontrak untuk membuat HrMs Rotterdam, L801. Dan kapal tersebut selesai pada tahun 1997, serta tugas pertamanya pada tahun 1998. Mari baca selengkapnya.

 

Kapal Perang Rotterdam L801

Pada tahun 2002, AL Rotterdam pun memesan kapal perang lagi, kapal perang dengan tipe yang sama. Yakni dari kelas LPD, HrMs Johan de Witt. Selesai pada tahun 2006, pada bulan Mei, dan diberi tugas pertama pada bulan Juli tahun 2007. Kapal yang baru lebih besar dibandingkan yang sebelumnya, HrMs Rotterdam, dengan beban perpindahan penuh, hingga 16680 ton. Lebih berat dibandingkan yang sebelumnya, yang hanya 12750 ton. Dan kapal perang Rotterdam ini pun akan dilengkapi dengan fasilitas command & control, pusat kendali gabungan.

 

Kapan Kapal Mulai Beroperasi

Kapal perang ini mulai digunakan untuk berlatih pada bulan November 2007. Kemudian mulai masuk status operasional, pada pertengahan tahun 2008. Kapal perang Rotterdam kelas LPD adalah hasil dari kerjasama proyek design antara 2 negara, yakni negara Rotterdam (Belanda) dengan negara Spanyol. 2 kapal yang lain, yang ditugaskan pada tahun 1998, bernama The Galicia, dan kapal yang ditugaskan pada tahun 2001, the Castilia, merupakan kapal yang dibangun untuk negara Spanyol. Untuk angkatan laut Navantia.

 

Dimensi Kapal Perang

Panjang keseluruhan dari lambung kapal perang kelas Rotterdam ini adalah 162,2 Meter, lebarnya yakni sepanjang 25 meter, dan rancangan maksimum atau draughtnya 5,9 meter. Berat benaman adalah 14000 ton. Kapal perang Rotterdam mampu membawa helikopter hingga sea states six. Sementara operasi dengan landing craft memungkinkan hingga sea states four.

Untuk tugas amfibi, termasuk kemampuan kapal untuk mengangkut, transport, dan menurunkan satu batalion prajurit. Termasuk kendaraan logistik pendukung, dan peralatan perang juga. Kapal destroyer ini pun mampu mentransfer pasukan cadangan, juga berguna untuk evakuasi para korban perang. Jadi kapal perang yang multifungsi. Selanjutnya mengenai perlengkapan persenjataan yang digunakan.

 

Persenjataan Kapal Perang Rotterdam

Persenjataan yang digunakan antara lain Goalkeeper’s Gatling-principle 30 milimeter, goalkeeper CIWS, IRScan yang mampu mendeteksi dan tracking target dengan jarak maksimum 20 km. Selain itu juga dipasang senjata Oerlikon 20 mm sebanyak 4 buah pada bagian bridge deck kapal destroyer, dan beberapa persenjataan lainnya.

Masih berlanjut, pada bulan Maret tahun 2004, kapal ini, kapal HrMs Rotterdam pun diberangkatkan ke Liberia, dalam rangka mendukung UNMIL. Dan pada bulan November 2008, DMO, atau Defense Material Organization milik negara Netherlands, memberikan lagi tugas pada perusahaan galangan kapal Damen Schelde kontrak yang baru. Kontrak tersebut untuk mengganti side ramp pada sisi startboard kapal perang LPD Rotterdam. Naval helicopter NH90 ditest melakukan pendaratan di kapal destroyer LPD Rotterdam pada bulan Oktober 2011. NH90 sendiri diproduksi oleh NHIndustries. Sekian artikel tentang kapal perang Rotterdam LPD, kapal perang hasil kerjasama dengan negara Spanyol, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *