Home / Jenis Kapal / Kapal Pesiar / Kapal Pesiar di Indonesia, dan Perkembangan Wisata

Kapal Pesiar di Indonesia, dan Perkembangan Wisata

Kapal pesiar di negara Indonesia memang belum begitu populer. Ada alasan tertentu mengapa jenis wisata ini masih belum berkembang. Salah satunya karena masih banyak orang yang belum mengetahui tentang jenis wisata ini. Biasanya setelah masuk surat kabar, internet, atau televisi nasional, barulah bisa terkenal dengan cepat. Seperti itu trend jaman sekarang dari wisatawan untuk mengenali jenis wisata yang baru. Kami bilang baru, karena wisata kapal pesiar masih belum banyak yang mengetahui, bahkan hingga detik ini. Mungkin juga karena pengaruh harga yang cukup mahal, dan Indonesia masih belum memiliki kapal pesiar mewah sendiri sekarang ini. Mari baca selengkapnya.

 

Kapal Pesiar Indonesia

Mungkin jika Anda pernah mendengar tentang kapal pesiar di Indonesia, itu kapal pesiar negara lain yang berlabuh di Indonesia, tetapi bukan milik Indonesia sendiri. Sampai detik ini memang negara Indonesia masih belum mempunyai cruise sendiri, termasuk little cruise. Sesungguhnya wisata cruise di negara ini merupakan wisata yang prospek, mengingat negara Indonesia sendiri merupakan sebuah negara kepulauan, dengan banyak budaya, dan wilayah negara ini sebanyak 70% adalah wilayah perairan. Potensi wisata bawah laut di tanah air sangatlah bagus, begitu pula dengan:

  1. Wisata budaya
  2. Wisata pantai
  3. Wisata kuliner

Masing-masing daerah memiliki keunikan tersendiri. Seharusnya itu bisa terkenal. Memang sesungguhnya masih terdapat beberapa faktor, mengapa potensi wisata ini tidak dimaksimalkan hingga sekarang. Salah satunya karena negara Indonesia belum mempunyai armada kapal cruise sendiri.

 

Kapal Cruise Tanah Air

Walaupun begitu, jika Anda bertanya, sesungguhnya warga negara Indonesia apakah memang tidak mampu untuk membayar biaya wisata kapal pesiar tersebut? Jawabannya tidak! Masih banyak warga negara RI yang senang berwisata dengan menggunakan kapal pesiar, dan akhirnya harus mengunjungi negara tetangga terlebih dahulu. Ya, memang karena wisata pesiar yang paling dekat adalah di negara Singapura dan Malaysia. Karena itu bagi yang ingin menikmati paket wisata kapal pesiar, harus berangkat dahulu ke negara tersebut.

 

Usaha dari Pelni

Pihak Pelni sudah mencoba memanfaatkan kapal penumpang yang menggunakan port stay, berlabuh, serta tak mengangkut penumpang penugasan. Ini memang termasuk salah satu upaya yang kreatif dan inovatif. Tetapi tak cukup hanya memanfaatkan kapal penumpang dalam tujuan wisata bahari. Kapal pesiar yang besar tetap harus ada. Namun memang untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah, karena biaya investasi yang sangat besar. Belum lagi crew di kapal pesiar itu sangat banyak, dan teknologi perawatan kapal pesiar harus semaksimal mungkin.

Satu-satunya hal yang mungkin untuk dilakukan Pelni yakni memperoleh PMN, Penyertaan Modal Negara, supaya bisa membeli kapal pesiar, atau yang dikenal dengan kapal cruise, untuk negara Indonesia. Dengan begitu sektor wisata RI pun akan mendapatkan support yang besar. Efek domino dari wisata bahari benar-benar besar untuk warga sekitar, jadi seharusnya semua akan diuntungkan. Semoga saja ke depannya ini semua dapat terlaksana.

Dengan ada kapal pesiar sendiri di Indonesia, maka wisatawan pun tak harus menunggu jadwal yang terlalu lama dalam menikmati wisata bahari yang ada. Bahkan kami yakin jika wisatawan mancanegara pun akan banyak yang tertarik untuk menikmati wisata dengan kapal pesiar ini. Negara Indonesia pun akan semakin dikenal oleh internasional. Sekian artikel tentang kapal pesiar di Indonesia, dan perkembangan wisata. Semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *