Home / Jenis Kapal / Kapal Selam / Kapal Selam TNI dan Kapal Selam Baru Indonesia

Kapal Selam TNI dan Kapal Selam Baru Indonesia

Info kapal selam TNI Indonesia yang baru. Alutsista tanah air memang tak boleh dipandang remeh. Selain kendaraan perang di darat, negara Indonesia pun memiliki TNI AL, dengan kapal selam mereka, dan kapal perang yang siap membela tanah air, apabila ada ancaman dari luar. Memang kapal selam ini dimiliki oleh tiap negara. Dan pernah juga dibangun kapal selam terbesar di dunia, walaupun memang kapal selam terbesar itu rata-rata milik negara Rusia, dan negara Indonesia masih belum memilikinya. Lagipula di jaman modern, rata-rata ukuran kapal selam sudah tidak terlalu besar seperti itu, tetapi lebih mementingkan performa. Untuk kapal selam terbesar tersebut, biasanya merupakan kapal selam jaman dahulu, yang masih berupa kapal selam nuklir. Mari baca selengkapnya.

 

Kapal Selam TNI AL

Sekarang mari kita membahas kapal selam yang sudah ada terlebih dahulu. Walaupun begitu, ini termasuk kapal selam baru milik negara Indonesia. Kapal selam tersebut tidak lain adalah DSME 209/1400, yang merupakan kapal selam pesanan dari TNI AL, dan sekarang tengah melakukan uji laut. Kapal selam yang melakukan uji laut tersebut akan diserahkan pada komando TNI AL di bulan Maret tahun 2017 ini.

 

Alih Teknologi

Ada alasan mengapa proyek pembuatan kapal selam dilakukan. Di mana salah satunya adalah upaya dari negara Indonesia dalam melakukan alih teknologi. Sebab dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, atau yang biasa disingkat dengan DSME, dari Korea Selatan, negara Indonesia pun akan membangun 1 dari 3 kapal selam tersebut, dan dibangun di pabrik perakitan kapal yang ada di Surabaya, yakni PT PAL. Anda pasti sudah sering mendengar nama PT PAL sebelumnya, apalagi nama perusahaan ini sudah pernah masuk koran Jawa Pos.

 

Kontrak Pembelian Kapal Selam

Untuk kontrak dari pembelian kapal selam tersebut sesungguhnya sudah dimulai sejak lama, yakni dimulai dari era kepemimpinan presiden SBY, kemudian yang dilanjutkan oleh presiden Indonesia sekarang (Tahun 2017), Presiden Jokowi. Untuk ke – 3 dari kapal selam orderan tersebut adalah kapal selam dari jenis terbaru, untuk kelasnya sendiri, kapal selam tersebut termasuk dalam kelas Chang Bogo, dan dibuat memang khusus untuk negara Indonesia. Informasi tambahan lainnya untuk Anda, bahwa kapal selam DSME 209/1400 ini merupakan kapal selam peningkatan dari type yang sejenis, yaitu kapal selam type 209/1200.

 

Bobot Kapal Selam DSME 209/1400 dari Korea Selatan

Kapal selam RI yang baru ini mempunyai bobot sampai dengan 1400 ton. Untuk teknologi yang disematkan juga sudah yang terbaru. Di mana kapal selam ini sudah dilengkapi dengan alat anti torpedo, dengan nama “TACM”, atau “Torpedo Acoustic Counter Measures”. Jadi memang kapal selam ini sudah siap digunakan untuk berperang dan membela negara. Sekarang ini kapal selam DSME 209/1400 barulah digunakan secara internal oleh AL Korsel. Negara Indonesia merupakan negara kedua yang akan menggunakan kapal selam tersebut.

 

Persenjataan dari Kapal Selam

Untuk jenis kapal selam yang satu ini, akan dilengkapi dengan persenjataan yang tidak main-main. Jadi persenjataan yang digunakan benar-benar mematikan dan patut disegani. Apalagi mengingat ketegangan antara kedua negara, yakni Korea Selatan dan Korea Utara, karena itu persenjataan dari kapal selam ini tentunya ikut terpengaruh juga.

Mesin yang digunakan pada kapal selam ini adalah mesin diesel dengan tipe 12V493 AZ80 GA31L. Di mana mesin tersebut dipasang pada beberapa sisi kapal selam, tidak hanya satu saja. Sekian artikel tentang kapal selam TNI dan kapal selam baru Indonesia, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *