Home / Jenis Kapal / Kapal Selam / Kapal Selam TNI Indonesia Terbaru dari Rusia

Kapal Selam TNI Indonesia Terbaru dari Rusia

Kapal selam Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan, di mana sebagian besar berupa lautan. Karena itu, untuk melindungi kedaulatan negara Indonesia, tidak hanya TNI AD saja yang harus diperkuat, melainkan juga TNI AL. Salah satu cara untuk memperkuat pertahanan yakni dengan menambah kendaraan perang. Dalam hal ini, termasuk kapal selam. Salah satu yang terbaru, yang dimiliki oleh tanah air, adalah kapal selam yang dibuat oleh negara Rusia, yang dipesan oleh negara Indonesia. Seperti apakah kapal selam ini? Mari baca selengkapnya.

 

Kapal TNI Angkatan Laut

Pada pameran Eurosatory yang merupakan sebuah pameran bergengsi, disebutkan oleh direktur Rosoboronexport, Anatoly Isaykin, jika perusahaan mereka bisa mencapai rencana bisnis untuk memenuhi target mereka di tahun 2016 dengan nilai total 13 Milliar US Dollar. Dan tanpa ada keterlambatan pengantaran pada negara pemesan. Juga, disebutkan jika Rosoboronexport telah melakukan pekerjaan prakontrak bagi penjualan unit kapal selam type diesel dengan kelas Varshavyanka, atau project 636, di mana juga dikenal dengan sebutan “Improved Kilo Class”. Terkait informasi tersebut, berkaitan dengan judul atau tema artikel kali, yakni kapal selam Indonesia terbaru yang dari Rusia. Di mana sudah pernah disebutkan jika pekerjaan prakontrak tersebut berdasar pada pernyataan resmi pejabat kementerian pertahanan negara Indonesia.

 

Dokumen Resmi Pembelian Kapal Selam

Memang dokumen tersebut masih belum ada. Jadi ini sesungguhnya masih sekedar isu, terkait pembelian dari Project 636, dan sudah terdengar semenjak bulan September tahun 2007 silam.

 

Kapal Selam Project 636

Ini adalah pembaharuan dari project yang terdahulu, yakni project 877EKM Kilo. Dan untuk Project 636 sendiri sudah tentu menawarkan performa yang lebih baik, baik itu untuk kecepatan serta durasi misi kapal selam pada lautan lepas. Itu semua karena 2 plug dengan panjang 600 mm, karena itu mesin kapal selam pun bisa lebih bertenaga. Untuk kemampuan selam dari Project 636 sendiri adalah 300 M, bisa meluncur hingga kecepatan 20 knot pada kedalaman laut, dan bisa berpatroli hingga 10.000 km.

 

Kelebihan Kapal Selam Rusia

Sudah bukan hal yang baru lagi jika Rusia terbukti dengan kehandalannya membuat berbagai kendaraan perang, tidak hanya kapal selam saja, bahkan hingga tank sekalipun. Kualitas kapal selam Rusia juga tidak perlu diragukan lagi. Di mana daya tembak, ukuran, dan jangkauan dari kapal selam merupakan hal yang senantiasa diperhatikan oleh Rusia dalam produksi kapal selam mereka. Project 636 sendiri disebutkan mempunyai tingkat kesenyapan tinggi, terhitung terbaik dalam kelas kapal selam diesel – elektrik. Kapal selam Rusia ini juga dilengkapi sebanyak 6 tabung torpedo yang berkaliber 533 mm, serta memiliki kemampuan untuk membawa hingga sebanyak 18 torpedo ataupun sebanyak 24 ranjau antikapal. Jadi memang benar-benar didesain untuk perang.

Negara Indonesia memang sekarang sedang giat-giatnya membangun kekuatan bawah laut, di mana kapal selam yang lama, Nanggala dan KRI Cakra itu usianya sudah cukup tua, dan perlu ditambahkan yang baru. Untuk hitungan yang ideal, paling tidak TNI AL itu harus mempunyai sebanyak 12 buah kapal selam. 3 kapal selam dengan kelas CBG atau Chang Bo Go, di mana ini adalah versi lisensi U – 209 Jerman yang telah dibeli Korea Selatan, serta telah memasuki tahapan uji laik laut. Sekian artikel tentang kapal selam TNI Indonesia terbaru dari Rusia, semoga info ini berguna untuk Anda.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *