Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Kapal Tempur Indonesia, Model-model Kapal Perang Masa Kini

Kapal Tempur Indonesia, Model-model Kapal Perang Masa Kini

Kapal perang Indonesia. Indonesia adalah negeri dengan wilayah perairan yang paling banyak, dan terpisah dari pulau-pulau. Untuk itu mutlak dibutuhkan armada laut yang canggih. Jika Anda melihat di wilayah lautan, maka Anda akan menjumpai beberapa kapal seperti kapal pengangkut minyak, kapal pelni, kapal pesiar, dan lainnya. Di balik itu semua, saat ada latihan militer, maka Anda beruntung karena akan bisa melihat kapal militer atau kapal perang secara langsung. Memang di negara ini, sudah mempunyai beberapa macam kapal perang, lebih dari satu. Mari baca selengkapnya.

 

Fungsi Kapal Perang di Indonesia

Selain untuk menjaga kedaulatan, beberapa waktu yang lalu, memang kapal perang cukup sering digunakan. Di mana kapal perang tersebut digunakan untuk melawan illegal fishing. Tetapi mungkin yang dipakai bukan kapal perang yang besar. Memang illegal fishing ini sudah terjadi cukup lama, dan jika dibiarkan akan merugikan negara Indonesia.

 

Kapal Induk TNI AL

Informasi ini dikumpulkan dari berbagai sumber, untuk kepastiannya memang masih belum diketahui. Tetapi tidak masalah, Anda bisa menggunakannya untuk tambahan pengetahuan. Jika memang ada informasi yang salah, maka Anda dapat meninggalkan di kolom komentar. Disebutkan jika ternyata negara Indonesia juga mempunyai kapal induk sendiri, bahkan ada 5 kapal induk. Kapal-kapal induk tersebut juga sudah digunakan semenjak tahun 2009. Seperti yang diketahui, sekarang kapal induk yang terkenal itu yang milik Amerika Serikat, karena merupakan kapal induk yang paling besar yang ada di dunia. Berikut beberapa kapal induk yang disebutkan ada dan digunakan di Indonesia.

 

  1. KRI Banjarmasin

Ini merupakan kapal yang besar dan dibuat oleh PT PAL yang berlokasi di Surabaya, Indonesia, yang memang memiliki keahlian untuk membuat kapal perang. Untuk kapal KRI Banjarmasin merupakan hasil kerjasama antara PT PAL dengan perusahaan Daesun Shipbuilding Engineering dari negeri ginseng, Korea Selatan. Untuk nama yang digunakan adalah Banjarmasin. Sebab memang kapal ini ditugaskan untuk menjaga kedaulatan kawasan perairan laut di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, serta daerah sekitarnya. Persenjataan yang ada pada KRI Banjarmasin antara lain 3 meriam. KRI Banjarmasin sendiri mempunyai kemampuan untuk mengangkut sebanyak hingga 500 tentara dengan senjata lengkap, dan 5 helikopter. Selain KRI Banjarmasin, masih ada lagi beberapa kapal induk yang dimiliki Indonesia. Yang bertugas menjaga wilayah laut di kawasan lain, tentunya masih di dalam Indonesia.

 

  1. KRI Banda Aceh

Yang kedua tidak lain yakni KRI Banda Aceh. Memang selain KRI Banjarmasin, KRI Banda Aceh juga termasuk jenis kapal induk dengan ukuran yang tidak kalah besar. Kemampuan dari KRI Banda Aceh bisa membawa hingga 21 buah tank, 2 LCVP, 3 Howitzer, 344 tentara dengan senjata lengkap, dan juga 3 helikopter. Memang untuk jumlah helikopter yang dapat dibawa masih kalah dengan kapal induk nomor satu sebelumnya. Tetapi KRI Banda Aceh sudah dilengkapi dengan teknologi yang bernama “Bow Thruster”. Ini merupakan sebuah teknologi yang bisa mempermudah manuver kapal, walaupun KRI Banda Aceh adalah kapal dengan ukuran yang besar.

Itulah beberapa kapal induk sekaligus kapal perang atau kapal tempur yang dimiliki Indonesia. Pada lain kesempatan, kami akan membahas lagi beberapa kapal induk lainnya. Sekian artikel tentang kapal tempur Indonesia, model-model kapal perang masa kini, semoga bermanfaat.

Check Also

Lowongan Kerja Kapal, dan Berapa Gaji Pelaut Kapal Pesiar?

Lowongan kerja kapal mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan gaji bulanan besar. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *