Home / Jenis Kapal / Kapal Tongkang / Kapal Tongkang, Mari Kenali Lebih Jauh

Kapal Tongkang, Mari Kenali Lebih Jauh

Beli kapal tongkang, ini merupakan sebuah keputusan investasi yang tepat. Sekarang memang tongkang sangat dibutuhkan. Tongkang merupakan alternatif pembelian selain kapal LCT. Walaupun memang tongkang ini mempunyai kelemahan dibandingkan LCT, di mana kapal jenis tongkang tidak bisa bongkar muat barang pada pelabuhan kecil, jadi wilayah pelabuhan harus dengan laut yang cukup dalam tidak dangkal. Mari baca selengkapnya.

 

Model Kapal Tongkang

Untuk modelnya, memang kapal ini terlihat sederhana. Namun ada ciri khas yang pasti akan Anda lihat, di mana lambung kapal yang sangat besar. Karena memang tongkang adalah kapal yang digunakan untuk memuat muatan yang banyak dan berat. Jika Anda melihat model kapal ini dari jauh, mungkin Anda akan berpikir bahwa kapal ini mempunyai bentuk seperti sebuah kotak besar yang mengapung. Ya, memang seperti itulah bentuk dari kapal tongkang secara garis besar. Mulai tahun 1960 an sampai dengan tahun 1980 an jenis kapal tongkang ini dipakai pada jalur lintas Sumatera, Sulawesi, Papua, dan Kalimantan. Karena memang, saat itu jembatan besar masih belum dibangun. Tetapi untuk sekarang, memang sebagian besar telah ada jembatan.

 

Kapal Tongkang Transportasi

Walaupun begitu pada beberapa daerah kapal tongkang masih tetap beroperasi. Karena tidak semua wilayah dibangun jembatan besar. Dan untuk kebutuhan transportasi wilayah yang masih belum ada jembatan besar tersebut, kapal tongkang ini yang memegang peranan. Muatan utama dari tongkang memang bukanlah orang, tetapi muatan utamanya seperti kayu, pasir, batu bara, dan sejenisnya. Di mana dalam 1x angkut langsung dalam jumlah yang sangat banyak.

 

Kapal Tunda

Ini adalah nama kapal yang menarik tongkang. Mengapa tongkang harus ditarik lagi dengan kapal yang lain? Karena pada kapal tongkang tersebut, tidak menggunakan mesin sama sekali. Jadi memang kapal ini berfungsi untuk membawa muatan yang banyak, tetapi tanpa ada mesin, atau propelled. Di dalam proses pembuatan tongkang, memang berbeda apabila Anda bandingkan dengan proses pembuatan kapal lain pada umumnya. Informasi ini harus Anda ketahui juga. Jadi tongkang hanya pada konstruksi saja, dan tidak menggunakan system kapal seperti kapal pada umumnya. Itu juga yang membedakan kapal tongkang ini dengan kapal LCT.

Nama lain dari kapal tunda adalah tugboat. Nah, karena ini masih berkaitan dengan tongkang, akan kami jelaskan lebih jauh tentang jenis kapal yang satu ini. Tugboat ini memang tidak digunakan untuk membawa muatan dalam jumlah banyak, berbeda fungsi dengan tongkang maupun kapal LCT. Lantas apa fungsi utama dari tugboat tersebut? Jadi, kapal tunda ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan pergerakan atau manuver, dan fungsi utamanya yakni untuk mendorong atau menarik kapal yang lain pada pelabuhan, termasuk menarik tongkang. Tugboat sendiri biasa digunakan di sungai, terusan, dan laut. Selain tongkang, biasanya kapal lain yang juga ditarik dengan menggunakan tugboat adalah kapal rusak. Di mana mesin kapal rusak sudah tak dapat digunakan lagi, sehingga harus ditarik. Karena itu, ciri dari kapal tunda ini adalah mempunyai power yang besar.

 

Kapal Tongkang untuk Bisnis

Tongkang juga bisa dibeli untuk investasi, jika hendak membuka usaha. Walaupun memang modal awalnya cukup besar, tetapi keuntungan yang didapatkan pun lumayan. Apalagi jika angkutan sedang ramai. Sesungguhnya selain bahan-bahan tambang, tongkang juga dapat digunakan untuk sarana transportasi memindahkan mobil dan kendaraan besar yang lain, untuk lintas pulau, atau melewati sungai maupun lautan. Karena membutuhkan modal yang cukup lumayan, maka bisnis transportasi dengan tongkang merupakan jenis bisnis yang prospek, sebab pesaingnya masih sedikit.

 

Poin-poin Penting Terkait Sewa Kapal Tongkang

Dalam bisnis cargo menggunakan tongkang, terdapat beberapa poin penting terkait yang harus diperhatikan. Apa sajakah poin-poin penting tersebut? Anda dapat mengechecknya di bawah ini:

  1. Pihak yang menyewakan tongkang harus mengetahui penyewa membutuhkan tongkang sebanyak berapa unit.
  2. Kebutuhan pemakaian atau kapasitas tongkang itu juga harus diketahui. Dalam satuan feet.
  3. Pihak penyewa juga harus menyampaikan keinginan menyewa kapal tongkang, yang minimal tahun berapa. Tentunya semakin baru semakin mahal.
  4. Material atau muatan apakah yang hendak dibawa dengan menggunakan tongkang tersebut, ini juga penting untuk diketahui. Begitu pula dengan total muatannya, jangan sampai melebihi kapasitas dari tongkang, sebab bisa membahayakan.
  5. Laycan, atau “Mulai shipment” akan dilakukan kapan, info ini juga harus diketahui.
  6. Dan budget atau anggaran permintaan harganya berapa, juga harga terbaik yang diinginkan berapa.
  7. System pemakaian, apakah sewa Freight Charter, FC, dengan kapasitas per ton, per Time Charter, TC, ataukah per volume. Untuk TC untuk penggunaan per bulan, ataukah lumsum, jadi untuk 1x jalan saja.
  8. Untuk jetty atau port, atau pelabuhan mana kapal tongkang hendak bersandar atau berlabuh, provinsi atau kota mana, ke port yang mana. Semua ini wajib diinfokan oleh penyewa, juga draft kedalamannya, wilayah perairan itu apakah bisa untuk kapal tongkang yang direquest ataukah tidak, sebab tak semua port atau pelabuhan itu dapat dimasuki oleh tongkang 300 feet, ataupun kapal jenis tongkang dengan ukuran yang lain.

 

Tongkang untuk Mengangkut Peti Kemas

Kapal tongkang juga terkadang digunakan untuk mengangkut peti kemas. Ini bukanlah sebuah hal yang mustahil dengan tongkang, melainkan sudah cukup sering dilakukan. Tetapi untuk yang ini, biasanya menggunakan kapal tongkang yang berbeda. Jadi menggunakan tongkang yang sudah dilengkapi dengan mesin.

 

Tongkang untuk Mengangkut Hasil Tambang

Untuk jenis hasil bahan tambang tertentu, contohnya biji besi, batubara, pasir, nikel, serta sejenisnya, biasanya orang-orang lebih memilih mengangkut itu semua menggunakan tongkang. Tentunya mereka punya alasan tertentu mengapa memilih tongkang. Biasanya orang-orang akan menyewa tongkang, walaupun memang harga sewa tongkang termasuk mahal. Namun hanya dengan menyewa tongkang, untuk contohnya yang 300 feet, maka kapal tersebut dapat digunakan untuk membawa muatan hasil tambang yang banyak, dapat mencapai hingga 8000 MT. Di mana ini merupakan jumlah yang sangat besar. Jadi akan sangat membantu bagi para pengusaha tambang. Anda juga dapat melihat kapal tongkang yang mengangkut batu bara untuk PLTU. Biasanya di PLTU Paiton, dapat terlihat dengan jelas dari jalanan. Karena posisi PLTU yang di bawah bukit. Jadi bisa dilihat dari atas, apalagi tidak tertutup dengan tembok bata, melainkan hanya pagar kawat.

 

Jual Kapal Tongkang

Jika memang Anda berniat membeli kapal tongkang dan sedang mencari penjual yang terpercaya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Kami merupakan penjual berbagai macam kapal, termasuk kapal tongkang. Dapatkan info harga kapal tongkang terbaru dan bersaing. Pastikan investasi Anda berjalan dengan lancar. Jangan sampai terjebak membeli tongkang yang berkualitas buruk. Sekian artikel tentang kapal tongkang, mari kenali lebih jauh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *