Home / Jenis Kapal / Kapal Perang / Revolusi Industri Kapal Perang di Negara Indonesia

Revolusi Industri Kapal Perang di Negara Indonesia

Industri kapal perang di dalam negeri, Indonesia, memang terus berkembang. Bahkan negara luar sudah ada yang memesan kapal perang buatan dalam negeri, yakni buatan PT PAL. TNI AL sendiri juga banyak menggunakan kapal perang yang juga sama-sama buatan dalam negeri. Mungkin Anda beranggapan hal tersebut sebagai hal yang mustahil, tetapi begitulah yang terjadi di lapangan, teknologi negara Indonesia termasuk cukup maju. Tetapi sekarang mari berfokus terlebih dahulu ke pembahasan kapal perang yang dimiliki oleh negara Indonesia. Mari baca selengkapnya.

 

Daftar Kapal Perang Indonesia

 

  1. Kapal Induk LPD Helikopter

Ini termasuk salah satu kapal perang yang membanggakan yang dimiliki oleh negara Indonesia. Kapal perang ini dibangun oleh PT PAL, yang memang sudah terkenal sebagai perusahaan pembuat kapal terpercaya dalam negeri. LPD sendiri adalah singkatan dari Landing Platform Dock. Negara Indonesia sekarang mempunyai sebanyak 5 kapal LPD 125 Meter. Walaupun memang tak semua dari kapal LPD tersebut dibangun di negara Indonesia, beberapa ada yang dibangun di negara Korea. Jadi sebanyak 2 kapal dibangun pada negara Korea, sementara sisanya yang dibangun di negara Indonesia. Dibangun oleh PT PAL Indonesia.

Kapal LPD Indonesia dengan ukuran 125 Meter ini didesain sedemikian rupa, sehingga bisa dipasangi dengan senjata 100 mm, selain itu juga dilengkapi teknologi fire control system. Jadi memang kapal induk helikopter ini bisa melakukan self defence saat melindungi pasukan yang hendak mendarat. Kapal induk ini juga mampu mengangkut helikopter dan kendaraan tempur, termasuk tank.

 

  1. Kapal CR Trimaran

Sebuah kapal rudal yang paling cepat. Ini juga merupakan kapal perang berteknologi tinggi yang dibuat oleh negara Indonesia. Namanya adalah KCR atau Kapal CR Trimaran. Untuk pengembang kapal ini bukanlah PT PAL Indonesia, melainkan PT Lundin Industry Invest, yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur. TNI AL bahkan telah memesan KCR Trimaran sebanyak 4 buah.

 

  1. Kapal RI Krait

Yang ketiga adalah kapal RI Krait, yang juga merupakan kapal perang dengan model yang terlihat tangguh, yang juga merupakan kapal perang buatan dalam negeri. KRI Krait 827 ini merupakan kapal patroli dengan kelas PC – 40, yang didesain oleh Fasharkan TNI AL Mentigi, dan kapal ini dibangun dengan bekerjasama dengan PT BES di Batam. Dimensi dari kapal RI Krait ini untuk panjangnya 40 M, dan kapal ini mempunyai performa yang mumpuni, bisa melaju hingga 20 knot, dengan dorongan 2 buah mesin diesel dengan 1250 Horse Power, jadi sangat bertenaga. Untuk body kapal RI Krait dibuat menggunakan bahan aluminium alloy. Kapal RI Krait yang berdimensi tidak terlalu besar memang dapat melaju dengan cepat. Karena itu juga difungsikan untuk kapal SAR, kapal untuk pertolongan bencana alam. Karenanya kapal ini juga dilengkapi hydraulic crane, untuk bongkar muat muatan dengan lebih mudah. Biasanya saat menolong korban bencana alam. Alat ini akan sangat membantu.

 

Kesimpulan

Jadi memang negara Indonesia juga sudah mempunyai kapal induk sendiri. Walaupun kapal induk itu tak termasuk yang terbesar di dunia. PT PAL juga senantiasa berusaha mengembangkan teknologi yang dimiliki, dengan bekerjasama dengan perusahaan konstruksi kapal negara lain. Sekian artikel tentang revolusi industri kapal perang di negara Indonesia, semoga bermanfaat. Kami tunggu komentar Anda.

Check Also

Kapal Tempur Indonesia, Model-model Kapal Perang Masa Kini

Kapal perang Indonesia. Indonesia adalah negeri dengan wilayah perairan yang paling banyak, dan terpisah dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *